Tukang Cukur yang terhimpun dalam Perhimpunan Persaudaraan Pencukur Rambut Garut (PPRG) begitu berbahagia, sebab pekerja bidang informal ini memperoleh pembiayaan murah dari PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk untuk memperoleh rumah murah. 

Baca Juga : Harga Besi Beton Ulir dan Harga Besi Beton

Direktur Penting Bank BTN, Maryono menjelaskan, pihaknya lihat jika ada prinsip yang kuat dari beberapa anggota PPRG untuk mempunyai rumah, meningkatkan bisnisnya sampai ingin bangun museum serta membuat wahana wisata di seputar Garut. 

"Jadi kami optimis potensi ekonomi beberapa pencukur rambut Garut biasanya bisa berkembang cepat hingga diperlukan service layanan perbankan yang oke," kata Maryono selesai melihat acara Penempatan Batu Pertama Pembangunan Perumahan PPRG di Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1). 

Perumahan PPRG itu, terdapat di tanah seluas 50.000 mtr. persegi (m2) di Desa Sukamukti, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Pada step pertama akan dibangun seputar 150 unit rumah type 30/60 dengan harga jual seputar Rp 130 juta. 

Baca Pula : Harga Besi Beton Perbatang

Pembangunan rumah akan dikerjakan dengan setahap bersamaan dengan pelebaran tempat perumahan yang direncanakan sampai 100.000 mtr. persegi. Bank BTN akan menolong proses administrasi buat komune pencukur rambut menjadi debitur yang wajar terima program KPR Subsidi. Diluar itu sesuai dengan yang dijanjikan Pemerintah, bunga KPR Subsidi di tentukan masih sebesar 5 % dengan uang muka minimum 1 %. 

"Tidak hanya bunga yang mudah, penduduk pun dikasih kemudahan uang muka oleh Kementerian Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat sejumlah Rp 4 juta. Akhirnya, cicilan rumah yang akan dibayar debitur cuma seputar Rp 800.000 dengan tenor KPR optimal 20 tahun," kata Maryono.